Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Waspadalah saat menggunakan wifi publik

Hati-hati saat menggunakan wifi publik

Hati-hati jika menggunakan wifi umum
Di era kecanggihan teknologi dan kebutuhan internet di era sekarang ini membuat kita tidak bisa terlepas dari yang namanya internet.

Hampir setiap hari kita terhubung ke internet entah dari jaringan pribadi maupun jaringan publik atau umum.

Pernahkah anda sadari hal keamanan wifi publik ini?

Jika anda terhubung ke internet menggunakan jaringan pribadi seperti data seluler atau home wifi atau wifi milik sendiri tentu saja hal itu terbilang aman-aman saja, namun pernahkan anda sadar bahwa terhubung ke jaringan internet publik atau wifi umum atau wifi gratis memiliki bahaya yang serius? lalu apa saja bahaya menggunakan wifi gratis / jaringan internet publik? dan bagaimana cara agar tetap aman menggunakan wifi gratis / internet publik? Berdasarkan Norton Cyber Security Insight Report, 90 persen konsumen Indonesia memakai koneksi Wi-Fi publik. Namun 51 persen dari mereka tidak bisa mengidentifikasi apakah jaringan Wi-Fi yang digunakan aman. Selain itu, baru 36 persen yang terhubung ke jaringan Wi-Fi dengan menggunakan VPN secara teratur. Jika anda termasuk tipe orang yang suka mencari koneksi internet gratis / koneksi internet publik seperti di kafe, hotel, bandara, kantor dan tempat-tempat yang sering menyediakan koneksi internet gratis atau wifi gratis anda perlu waspada dan mengerti akan resikonya. 

Apa sih Bahayanya Menggunakan Wifi Gratis??


Ya seperti kita ketahui jaringan internet publik seperti wifi di kafe, hotel, bandara, kantor dan tempat-tempat lainnya merupakan jaringan internet yang kita pakai bersama dengan banyak orang, yang mana setiap informasi, data dan alamat yang anda akses dapat dengan mudah dilihat oleh orang yang berada pada jaringan internet dimana anda terhubung. Kita tidak pernah tau apakah di jaringan internet publik tersebut apakah aktifivas kita di monitoring atau tidak, namun anda tetap harus waspada karena bisa saja ada orang yang berniat jahat dan memiliki kemampuan untuk memantau aktivitas anda dan bahkan dapat mencuri informasi penting seperti data transaksi, email, password, username dll sebagainya yang anda kirim melalui internet tersebut. 

Tips aman menggunakan wifi publik

Bagaimana Agar Tetap Aman Saat Menggunakan Wifi Gratis? Jika anda termasuk orang yang sering menggunakan wifi gratis / koneksi internet publik, simak ulasan dibawah.

Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan: 

  1. Saat memakai Wifi Publik, jangan abaikan peringatan yang muncul, terutama ketika ada pemberitahuan bahwa jaringan tersebut tidak aman. 
  2. Gunakanlah layanan Virtual Private Network (VPN) / SSH agar semua kegiatan berinternet anda terenkripsi yang mana hal tersebut dapat melindungi data pribadi anda.
  3. Hindari melakukan Transaksi Finansial seperti Internet Banking dan lainnya menggunakan Wifi Publik, jika ingin melakukan transaksi finansial, gunakanlah jaringan internet pribadi anda.  
  4. Segera berhenti mengakses situs yang terihat tidak wajar dan selalu meminta login. 

Tips Tambahan: 

  1. Jika anda sering terhubung ke jaringan internet publik / wifi gratis, gunakanlah layanan VPN untuk meningkatkan keamanan anda berinternet. 
  2. Koneksi melalui VPN terenkripsi sehingga data pengguna tidak bisa dilihat oleh penjahat cyber. 
  3. Pada smartphone anda dapat memasang aplikasi VPN gratis yang banyak disediakan seperti Zenmate, Hola VPN dan lain sebagai yang sejenis.
  4. Pada komputer atau laptop anda dapat memasang ekstensi pada browser anda seperti Zenmate VPN atau Hola VPN dll.

Perhatian:

Harap berhati-hati jika anda ingin internetan menggunakan wifi publik demi keamanan data pribadi anda!

Posting Komentar untuk "Waspadalah saat menggunakan wifi publik"