Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya update Kartu Keluarga

PASTIKAN DATA DIRI ANDA SUDAH PADAN DENGAN DATA DUKCAPIL

    APA ITU KARTU KELUARGA ?

    adalah merupakan dokumen kependudukan yang memuat kejelasan hubungan dan susunan sekelompok penduduk yang tinggal bersama dan membentuk satu kesatuan keluarga menjadi dasar dalam penerbitan KTP dan pelayanan masyarakat lainnya,ini wajib dimiliki bagi warga negara Indonesia.


    APA ITU KTP ?

    Nah sedangkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) adalah merupakan keterangan jati diri penduduk yang menjelaskan tentang nama, jenis kelamin, tempat tanggal lahir, status perkawinan, pekerjaan, alamat, golongan darah dan agama, ini wajib dimiliki warga yang sudah berumur minimal 17 tahun atau  sudah menikah.

    KTP merupakan alat bukti sah dan menjadi dasar dalam proses pelayanan masyarakat.

    Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) adalah merupakan dokumen kependudukan yang sangat penting dan menjadi dokumen utama dalam pelayanan masyarakat di berbagai bidang

    FUNGSI KARTU KELUARGA & KTP

    Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) adalah merupakan dokumen kependudukan yang sangat penting dan menjadi dokumen utama dalam pelayanan masyarakat di berbagai bidang. Oleh sebab itu, merupakan suatu keharusan untuk melakukan pembaruan setiap terjadi peristiwa penting (kelahiran, kematian, perkawinan, perceraian, pengakuan anak, pengesahan anak, pengangkatan anak, perubahan nama, perubahan kewarganegaraan dan perubahan jenis kelamin).

    Pentingnya Pembaruan Data Kependudukan

    Berbeda dengan dokumen kependudukan lain yang jarang mengalami perubahan data seperti Akta Kelahiran, Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) akan terus mengalami perubahan, terutama untuk Kartu Keluarga (KK). Bahkan, Kartu Keluarga (KK) bisa saja harus dilakukan perubahan tiap tahun. Semisal tahun ini anak belum sekolah, kemudian tahun depan sudah masuk SD, maka harus segera diubah karena ada perubahan di kolom Pendidikan dan Jenis Pekerjaan. Perubahan tersebut untuk akuratnya data kependudukan, ketika dilakukan pengelompokan status pendidikan. Selain itu, dengan melakukan pembaruan setiap terjadi peristiwa penting akan memudahkan proses pelayanan masyarakat. Maka dari itu, mari tertib administrasi kependudukan mulai dari sekarang.

    Fungsi lainnya

    Selain itu, fungsi dari kartu keluarga ini yakni agar data diri kita sama dengan data di DUKCAPIL di wilayah kita, dan supaya segala bantuan sosial yang anda terima tidak terkendala gara-gara masalah data diri anda misal NIK,NAMA,NOMOR KK,TEMPAT LAHIR,TANGGAL LAHIR tidak padan dengan yang di DUKCAPIL.

    Untuk itu mari dengan penuh kesadaran mengupdate kartu keluarga dengan data yang benar dan sesuai.

    Masukan

    Maka untuk tertibnya data kependudukan, mari update kartu Keluarga kita sesuai jumlah anggota keluarga yang ada ! 

    PARTISIPASI MASYARAKAT

    Tentunya untuk mendukung ketertiban administrasi kependudukan, kita sebagai masyarakat Indonesia paling tidak harus ikut serta dalam suksesnya data kependudukan diwilayah DUKCAPIL masing-masing.

    Kita harus turut serta memperbarui data kependudukan pada Kartu Keluarga kita. Sebagai contoh: jika ada anggota keluarga kita ada yang sudah pindah domisili ataupun meninggal dan ada yang sudah mecah Kartu keluarga sendiri, maka kita wajib memperbarui data Kartu Keluarga kita, agar nantinya data seluruh anggota keluarga kita sudah valid dan padan dengan data di DUKCAPIL.

    Bagaimana caranya memperbarui Kartu Keluarga ?

    Lalu bagaimana caranya untuk memperbarui data kependudukan / Kartu Keluarga? Silahkan datang ke Kantor Desa setempat dan silahkan bertanya terkait pembaruan Kartu Keluarga tersebut. Nanti Petugas di Pemerintahan Desa akan memberikan info terkait persyaratan untuk pembuatan/pembaruan Kartu Keluarga tersebut.

    Atau jika ingin langsung silahkan datang ke DUKCAPIL di wilayah sobat, tentunya silahkan minta informasi persyaratan dalam pembuatan/pembaruan Kartu Keluarga sebelum dibawa ke DUKCAPIL nanti kepada aparat desa diwilayah sobat.


    Semoga bermanfaat ya sobat, jangan lupa berkunjung kembali di www.ojoy84.my.id

     

    Posting Komentar untuk "Pentingnya update Kartu Keluarga"